Saturday, February 27, 2016

Roseola Infantum 🌹💔

Awalnya anakku hanya lesu dan nggak doyan main. Jadi dia lebih suka dikamar nonton serial upin ipin aja. 
Dan ternyata, makin malam suhu badannya makin tinggi. Saat itu sampai 39'C Panik dong ya, ini kenapa kok sakitnya sebelum liburan. 

Awalnya cuma ngira ini demam biasa, sama kaya demam demam sebelumnya yang disebabkan oleh gigi yang mau numbuh. Gigi ke 9 dan 10. 

Badan azka siang hari normal, cuma lemes aja. Tp makin malam makin panas, terasa banget saat dia mau ASI skin to skin sama bundanya. Bibir dan mulutnya panas 💔

Awalnya mau dibawa kerumah sakit, tapi karena mikir ini kan masih wajar. Ya kasih paracetamol aja, saat itu aku kasih Sanmol sirup. Dari bayi sampe sekarang Azka udah dibiasakan minum sanmol saat demam. 

Dua hari setelah itu alhamdulillah badannya mulai normal kembali, tapi ada yang aneh saat itu pikirku. Kenapa badannya jadi dingin banget ya. Azka udah ga lemes lagi, malah makin aktif bermain seperti biasa. Namun keringat dibadannya buat tangan dan kakinya jadi dingin banget. Namun karena dia tetap aktif dan ceria, itu tidak jadi masalah bagiku. 

Keesokan harinya. Saat bangun tidur ada banyak bercak merah dimuka dan badannya. Hanya di bagian itu saja. Tangan dan kaki nya tidak ada bercak merah tersebut. Panik banget ngeliat itu, sampai kepikiran macem2, apa ini campak? Apa ini alergi? Dan hal pertama yang dilakukan adalah searching google tentang penyakit ini. Dan ya, ini adalah Roseola Infantum. 

Foto: kiri saat bercak baru bermunculan, kanan sehari setelahnya bercak mulai hilang ❤️

Roseola infantum adalah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes lvl 6 dan 7. Kalau menurut ku tidak begitu berbahaya, dan tidak mesti langsung dibawa ke dokter. Kenapa? Karena waktu sakitnya tidak begitu lama. Berbeda jika keadaan Azka yang demam naik turun hingga seminggu lebih. 

Jika melihat dari gejala dan kondisi Azka, awalnya demam tinggi 2 hari. Dan setelah itu badannya normal kembali bahkan suhunya bisa dingin. Dan setelah itu muncul bercak merah. 

Bunda nggak perlu khawatir dengan hal ini, karena bercak merah tersebut bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 hari. 
Dan ya, bercak merah di muka dan badan Azka mulai menghilang. Alhamdulillah. 

Buat bunda semua, jangan panik saat mendapati anak demam ya. Jangan langsung buru-buru kedokter. Jika anak demam, cukup berikan obat penurun panas paracetamol kepada anak. Paracetamol ini sifatnya hanya meredakan panas. Dan bekerja dalam waktu 4-5 jam. Jika badan anak masi juga panas, lanjut diberikan paracetamol lagi. Namun jika kondisi tersebut tetap saja sama hingga lebih dari 4 hari, silahkan dibawa kedokter spesialis anak ya. 

Jika kita terburu-buru membawa anak kedokter, yang ada dokter akan memberi obat macam-macam yang buat keadaan anak kita makin memburuk. Karena anak tidak terbiasa diberi antibiotik dan semacamnya. 

Semoga anak kita selalu diberi kesehatan, dan bundanya diberi kesabaran dalam menjaga anak. 
Amin ya Rabb...


-widya-